Chat with us, powered by LiveChat

Mengurut Ketika Cedera Sendi Terjadi Bisa Sebabkan Masalah Tambah Parah

Salah satu hal yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia ketika mengalami cedera sendi adalah dengan mencari tukang pijat. Menyembuhkan sendi dengan cara dipijat atau diurut merupakan sebuah hal yang dipandang bisa mengobati masalah ini.

Walau umum dilakukan, mengobati sendi dengan cara diurut dianggap bukan hal yang tepat. Dokter Umum dan Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, Felix Samuel menjelaskan, penanganan dengan diurut merupakan sebuah hal yang keliru.

“Justru kalau cedera sendi, jangan langsung diurut. Tambah bengkak nanti. Yang benar adalah pertolongan pertama dengan kompres air dingin atau es pad area yang cedera,” jelas Felix saat ditemui di Royal Tulip Gunung Geulis Resort, Bogor, Jawa Barat.

Mengompres dengan air dingin atau es bertujuan mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri.

“Saat dikompres air dingin, pembuluh darah akan mengecil sehingga mengurangi bengkak dan nyeri. Kompres denganĀ kain,” tambah Felix.

Seseorang yang cedera sendi juga perlu beristirahat dengan baik. Hal ini demi memulihkan cedera dan sendi cepat stabil.

Cedera sendi ini bisa menyebabkan terganggunya fungsi sendi, ligamen, otot, saraf, tendon, dan tulang belakang. Jenis cedera sendi yang paling umum karena terpeleset, terjatuh, dan terkilir.

Selain itu, upaya mengangkat kaki yang cedera, seperti keseleo dapat dilakukan.

“Angkat kaki yang cedera, lalu ganjal dengan bantal. Posisi kaki yang lebih tinggi dengan badan bertujuan sendi lekas pulih. Cara ini juga bisa mengurangi bengkak,” tandas Felix.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *